•  
  •  
  •  
  •   
  • Selamat & Sukses

    Segenap Keluarga Besar Pengadilan Agama Batam mengucapkan SELAMAT atas dilantiknya Dr. H. Hasbi Hasan, M.H. Sebagai Sekretaris Mahkamah Agung RI

  • AYOO.. Bersama Wujudkan Birokrasi Indonesia yang BERSIH & MELAYANI!

  • Selamat Datang

    Di Website Resmi Pengadilan Agama Batam Kelas 1 A. Website ini merupakan website pengadilan yang sudah sesuai dengan Pedoman Rancangan dan Prinsip Aksesibilitas Website Pengadilan di Lingkungan Mahkamah Agung. Selain itu website ini dapat diakses oleh masyarakat yang difable.

    Selanjutnya

  • Kata Pengantar Wakil Ketua Pengadilan Agama Batam Kelas IA

    Assalamu'alaikum wr. wb. Puji syukur ke hadirat Allah SWT atas terwujudnya situs resmi Pengadilan Agama Batam dengan alamat https://www.pa-batam.go.id/ ini. Situs ini merupakan media informasi yang dapat dimanfaatkan tidak..

    Selanjutnya

  • Zona Integritas

    Pengadilan Agama Batam I A berkomitmen dalam Pembanguna Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) Dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

    TULUSURI

  • Keluarga Besar Pengadilan Agama Batam Terut Berduka Sedalam dalamnya atas Wafatnya, Ibu Dra. Ilfa Susianti, S.H.,M.H binti Noersai ST. Saidi (Hakim Pengadilan Agama Pekanbaru, Pada Hari Selasa 24 Nopember 2020, Pukul 22.30. WIB. di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru - Riau.
  • Keluarga Besar Pengadilan Agama Batam Terut Berduka Sedalam dalamnya atas Wafatnya, Bapak Azwir, SH (Panmud Banding PTA Pekanbaru), Pada Hari Jumat, Tanggal 24 Juli 2020, Pukul 10.45 WIB di Rumah Sakit Syafira Pekanbaru
Selama masa pandemi kami menghadirkan inovasi SISMAIL, Untuk mengetahui Informasi Mengenai Biaya Perkara, Jadwal Sidang, Validitas Akta Cerai, Hitung Panjar Biaya Perkara dan banyak lagi cukup dengan 1 Aplikasi. Ayo Segera Unduh Aplikasi SISMAIL di Playstore. Terima Kasih. Berikut Fitur yang tersedia. Bingung Cara Menggunakannya? Klik Manual Book SISMAIL
Error: Data could not be displayed. Please Refresh Page.

Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi

PROSEDUR PELAYANAN PERMINTAAN INFORMASI

BERDASARKAN KEPUTUSAN MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

NOMOR: 1-144/KMA/SK/I/2011

 

  • Prosedur Biasa; dan
  • Prosedur Khusus.
  • Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik;
  • Informasi yang diminta bervolume besar;
  • Informasi yang diminta belum tersedia; atau
  • Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik atau informasi yang secara tegas dinyatakan sebagai informasi yang rahasia sehingga harus mendapat ijin dan diputuskan oleh PPID.
  • Termasuk dalam kategori yang wajib diumumkan;
  • Termasuk dalam kategori informasi yang dapat diakses publik dan sudah tercatat dalam Daftar Informasi Publik dan sudah tersedia (misal: sudah diketik atau sudah diterima dari pihak atau pengadilan lain);
  • Tidak bervolume besar (jumlahnya tidak banyak); dan/atau
  • Perkiraan jumlah biaya penggandaan dan waktu yang dibutuhkan untuk penggandaan dapat dilakukan dengan mudah.

 


A. Prosedur Biasa

Pelayanan informasi dengan menggunakan prosedur biasa yaitu Pemohon Informasi datang langsung memohon infomasi baik secara lisan maupun tertulis di Meja Informasi Pengadilan Agama Bandung.

  • Prosedur Pelayanan Biasa  dan Jangka waktu Penyelesaian Pelayanan sebagaimana gambar berikut:
  1. Pemohon mengisi Formulir Permohonan Informasi yang disediakan Pengadilan  dan memberikan salinannya kepada Pemohon (format Formulir Pemohonan  Model A dalam Lampiran III ).
  2. Petugas Informasi mengisi Register Permohonan (format Register Permohonan dalam Lampiran IV ).
  3. Petugas Informasi langsung meneruskan formulir permohonan kepada Penanggungjawab Informasi di unit/satuan kerja terkait, apabila informasi yang  diminta tidak termasuk informasi yang aksesnya membutuhkan ijin dari PPID.
  4. Petugas Informasi langsung meneruskan formulir permohonan kepada PPID apabila informasi yang diminta termasuk informasi yang aksesnya membutuhkan ijin dari PPID guna dilakukan uji konsekuensi.
  5. PPID melakukan uji konsekuensi berdasarkan Pasal 17 Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik terhadap permohonan yang disampaikan.
  6. Dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja sejak menerima permohonan, PPID menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada Petugas Informasi, dalam hal permohonan ditolak (untuk menolak permohonan: format Pemberitahuan Tertulis Surat Keputusan PPID dalam Lampiran V ).
  7. Dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja sejak menerima permohonan, PPID  meminta Penanggungjawab Informasi di unit/satuan kerja terkait untuk mencari dan memperkirakan biaya penggandaan dan waktu yang diperlukan untuk  mengandakan informasi yang diminta dan menuliskannya dalam  Pemberitahuan Tertulis PPID Model B dalam waktu selama-lamanya 3 (tiga) hari kerja serta menyerahkannya kembali kepada PPID untuk ditandatangani, dalam hal permohonan diterima (untuk memberikan ijin: format Pemberitahuan Tertulis PPID dalam Lampiran VI ).
  8. Petugas Informasi menyampaikan Pemberitahuan Tertulis sebagaimana dimaksud butir 6 atau butir 7 kepada Pemohon Informasi selambat-lambatnya  dalam waktu 1 (satu) hari kerja sejak pemberitahuan diterima.
  9. Petugas Informasi memberikan kesempatan bagi Pemohon apabila ingin melihat terlebih dahulu informasi yang diminta, sebelum memutuskan untuk menggandakan atau tidak informasi tersebut.
  10. Dalam hal Pemohon memutuskan untuk memperoleh fotokopi informasi tersebut, Pemohon membayar biaya perolehan informasi kepada Petugas Informasi dan Petugas Informasi memberikan tanda terima (Format Tanda Terima Biaya Penggandaan Informasi dalam Lampiran VII ).
  11. Dalam hal informasi yang diminta tersedia dalam dokumen elektronik (softcopy), Petugas Informasi pada hari yang sama mengirimkan informasi tersebut ke email Pemohon atau menyimpan informasi tersebut ke alat penyimpanan dokumen elektronik yang disediakan oleh Pemohon tanpa memungut biaya.
  12. Petugas Informasi menggandakan (fotokopi) informasi yang diminta dan memberikan informasi tersebut kepada Pemohon sesuai dengan waktu yang termuat dalam Pemberitahuan Tertulis atau selambat-lambatnya dalam jangka waktu 2 (dua) hari kerja sejak Pemohon membayar biaya perolehan informasi.
  13. Pengadilan dapat memperpanjang waktu sebagaimana dimaksud butir 12  selama 1 (satu) hari kerja apabila diperlukan proses pengaburan informasi dan selama 3 (tiga) hari kerja jika informasi yang diminta bervolume besar.
  14. Untuk pengadilan di wilayah tertentu yang memiliki keterbatasan untuk mengakses sarana fotokopi, jangka waktu sebagaimana dimaksud dalam butir dapat diperpanjang selama paling lama 3 (tiga) hari kerja.
  15. Setelah memberikan fotokopi informasi, Petugas Informasi meminta Pemohon menandatangani kolom penerimaan informasi dalam Register Permohonan.

 


B. Prosedur Khusus

 Prosedur Pelayanan Khusus dan Jangka waktu Penyelesaian Pelayanan sebagaimana gambar berikut:

1. Pemohon mengisi formulir permohonan yang disediakan Pengadilan (format Formulir Pemohonan Model B dalam Lampiran VIII ).

2.   Petugas Informasi mengisi Register Permohonan (format Register Permohonan  dalam Lampiran IV ).

3.   Petugas Informasi dibantu Penanggungjawab Informasi di unit/satuan kerja terkait mencari informasi yang diminta oleh Pemohon dan memperkirakan biaya perolehan informasi dan waktu yang dibutuhkan untuk penggandaannya.

4.   Apabila informasi yang diminta telah tersedia dan tidak memerlukan ijin PPID, Petugas Informasi menuliskan keterangan mengenai perkiraan biaya perolehan informasi dan waktu yang dibutuhkan untuk penggandaannya dalam formulir permohonan yang telah diisi Pemohon (format Formulir Pemohonan Model B dalam Lampiran VIII ).

5.   Proses untuk pembayaran, penyalinan dan penyerahan salinan informasi kepada Pemohon dalam Prosedur Khusus, sama dengan yang diatur untuk Prosedur Biasa dalam butir 10 sampai dengan butir 15.

6.   Petugas Informasi memberikan kesempatan bagi Pemohon apabila ingin melihat terlebih dahulu informasi yang diminta, sebelum memutuskan untuk  menggandakan atau tidak informasi tersebut.


 

Berita Terbaru PA Batam

  (ACO) ACCESS CCTV ONLINE PA Batam
No Nomor Perkara Ruang Sidang Agenda
1 12/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) Perkara Mediasi berhasil rencana pencabut
2 11/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) Pembuktian, Panggil Tergugat
3 1946/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG IKRAR TALAK
4 12/Pdt.P/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
5 181/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
6 193/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
7 185/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
8 187/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
9 186/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
10 121/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) Panggil Termohon
11 106/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) Panggil Tergugat
12 50/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) Panggil Tergugat
13 117/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) Panggil Termohon
14 1930/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) Duplik Tertulis
15 1784/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) Panggil Termohon, Bukti Termohon,
16 1722/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) Panggil kembali Pemohon dan Termohon kembali
17 28/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) Pembuktian Lanjutan Penggugat panggil kembali Tergugat
18 64/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) Panggil kembali Tergugat
19 59/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) Pan ggil kembali Tergugat
20 102/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) Panggil Tergugat
21 1795/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) Menghadirkan Anak, Kesimpulan
22 89/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) Panggil Tergugat
23 1864/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) Duplik Tertulis
24 178/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
25 176/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
26 173/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
27 157/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
28 1689/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG IKRAR TALAK
29 152/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
30 145/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
31 140/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
32 131/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
33 10/Pdt.P/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
34 1900/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG IKRAR TALAK
35 1835/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG IKRAR TALAK
36 1838/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG IKRAR TALAK
37 1889/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG IKRAR TALAK
38 24/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) Menunggu hasil mediasi
39 1666/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) Musyawarah Majelis tambahan
40 1641/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) Panggil T kembali untuk baca putusan
41 27/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) Laporan Mediasi
42 51/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA