•  
  •  
  •  
  •   
  • Selamat & Sukses

    Segenap Keluarga Besar Pengadilan Agama Batam mengucapkan SELAMAT atas dilantiknya Dr. H. Hasbi Hasan, M.H. Sebagai Sekretaris Mahkamah Agung RI

  • AYOO.. Bersama Wujudkan Birokrasi Indonesia yang BERSIH & MELAYANI!

  • Selamat Datang

    Di Website Resmi Pengadilan Agama Batam Kelas 1 A. Website ini merupakan website pengadilan yang sudah sesuai dengan Pedoman Rancangan dan Prinsip Aksesibilitas Website Pengadilan di Lingkungan Mahkamah Agung. Selain itu website ini dapat diakses oleh masyarakat yang difable.

    Selanjutnya

  • Kata Pengantar Wakil Ketua Pengadilan Agama Batam Kelas IA

    Assalamu'alaikum wr. wb. Puji syukur ke hadirat Allah SWT atas terwujudnya situs resmi Pengadilan Agama Batam dengan alamat https://www.pa-batam.go.id/ ini. Situs ini merupakan media informasi yang dapat dimanfaatkan tidak..

    Selanjutnya

  • Zona Integritas

    Pengadilan Agama Batam I A berkomitmen dalam Pembanguna Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) Dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

    TULUSURI

  • Keluarga Besar Pengadilan Agama Batam Terut Berduka Sedalam dalamnya atas Wafatnya, Ibu Dra. Ilfa Susianti, S.H.,M.H binti Noersai ST. Saidi (Hakim Pengadilan Agama Pekanbaru, Pada Hari Selasa 24 Nopember 2020, Pukul 22.30. WIB. di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru - Riau.
  • Keluarga Besar Pengadilan Agama Batam Terut Berduka Sedalam dalamnya atas Wafatnya, Bapak Azwir, SH (Panmud Banding PTA Pekanbaru), Pada Hari Jumat, Tanggal 24 Juli 2020, Pukul 10.45 WIB di Rumah Sakit Syafira Pekanbaru
Selama masa pandemi kami menghadirkan inovasi SISMAIL, Untuk mengetahui Informasi Mengenai Biaya Perkara, Jadwal Sidang, Validitas Akta Cerai, Hitung Panjar Biaya Perkara dan banyak lagi cukup dengan 1 Aplikasi. Ayo Segera Unduh Aplikasi SISMAIL di Playstore. Terima Kasih. Berikut Fitur yang tersedia. Bingung Cara Menggunakannya? Klik Manual Book SISMAIL
Error: Data could not be displayed. Please Refresh Page.

Hak Pelapor

HAK-HAK PELAPOR DUGAAN PELANGGARAN HAKIM DAN PEGAWAI

 HAK-HAK PELAPOR DUGAAN PELANGGARAN HAKIM DAN PEGAWAI
 (076/KMA/SK/VI/2009 TENTANG PENANGANAN PENGADUAN)

MAKSUD, TUJUAN DAN FUNGSI PENANGANAN PENGADUAN

A.   Maksud

  1. Merespon keluhan baik yang berasal dari masyarakat, instansi lain di luar pengadilan, maupun dari internal pengadilan sendiri;
  2. Menyelesaikan penanganan pengaduan sesuai dengan mekanisme yang berlaku.
  3. Membuktikan benar atau tidaknya hal yang diadukan;
  4. Memberikan jaminan bagi masyarakat bahwa laporan pengaduan yang diajukan ditangani secara efektif, efisien, cepat dan dapat dipertanggungjawabkan.

B.   Tujuan

  1.  Menjaga citra dan wibawa lembaga peradilan;
  2.  Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga peradilan.

C.   Fungsi

  1. Memperkuat mekanisme pengendalian dan pembinaan hakim dan pegawai pengadilan;
  2. Memperkuat mekanisme pengawasan di lingkungan pengadilan;
  3. Memperkuat fungsi pertanggungjawaban Mahkamah Agung dan pengadilan kepada masyarakat.

MATERI PENGADUAN

Materi pengaduan meliputi hal-hal sebagai berikut:

  1. Pelanggaran terhadap kode etik dan/atau pedoman perilaku hakim;
  2. Penyalahgunaan wewenang/jabatan;
  3. Pelanggaran sumpah jabatan;
  4. Pelanggaran terhadap peraturan disiplin Pegawai Negeri Sipil atau peraturan disiplin militer;
  5. Perbuatan tercela, yaitu berupa perbuatan amoral, asusila, atau perbuatanperbuatan yang tidak selayaknya dilakukan oleh seorang aparat lembaga peradilan, maupun selaku anggota masyarakat;
  6. Pelanggaran hukum acara, baik yang dilakukan dengan sengaja, maupun karena kelalaian dan ketidakpahaman;
  7. Mal administrasi, yaitu terjadinya kesalahan, kekeliruan atau kelalaian yang bersifat administratif;
  8. Pelayanan publik yang tidak memuaskan yang dapat merugikan pihak-pihak yang berkepentingan serta masyarakat secara umum.

SYARAT DAN TATA CARA PENYAMPAIAN PENGADUAN

A.   Disampaikan secara Tertulis

  1. Pengaduan hanya dapat diterima dan ditangani oleh Mahkamah Agung, Pengadilan Tingkat Banding dan Pengadilan Tingkat Pertama apabila disampaikan secara tertulis oleh Pelapor;
  2. Pelapor dianjurkan untuk menggunakan formulir khusus untuk menyampaikan pengaduannya, baik dalam bentuk cetak maupun elektronik di situs resmi Mahkamah Agung. Meskipun demikian, pengaduan yang tidak menggunakan formulir khusus tersebut tetap akan diterima dapat ditindaklanjuti;
  3. Dalam hal Pelapor memiliki kesulitan untuk membaca dan menulis, Petugas di Mahkamah Agung atau Pengadilan akan membantu menuangkan pengaduan yang ingin disampaikan Pelapor secara tertulis dalam formulir khusus pengaduan.

B.   Menyebutkan Informasi yang Jelas

  • Untuk mempermudah penanganan dan tindak lanjut terhadap pengaduan yang disampaikan, Pelapor diharapkan dapat menyebutkan secara jelas informasi mengenai:
    • Identitas Aparat yang dilaporkan, termasuk jabatan, serta satuan kerja atau pengadilan tempat Terlapor bertugas;
    • Perbuatan yang dilaporkan;
    • Nomor perkara, apabila perbuatan yang diadukan berkaitan dengan pemeriksaan suatu perkara; dan
    • Menyertakan bukti atau keterangan yang dapat mendukung pengaduan yang disampaikan. Bukti atau keterangan ini termasuk nama, alamat dan nomor kontak pihak lain yang dapat dimintai keterangan lebih lanjut untuk memperkuat pengaduan Pelapor.
  • Pelapor sedapat mungkin diharuskan untuk mencantumkan identitasnya. Namun demikian selama informasi dalam pengaduan yang disampaikan benar dan memiliki dasar yang kuat, pengaduan yang tidak mencantumkan identitas akan tetap ditindaklanjuti oleh Mahkamah Agung.

C.   Tata Cara Pengiriman

  • Pengaduan ditujukan kepada:
    • Ketua atau Wakil Ketua pada Pengadilan Tingkat Pertama atau Pengadilan Tingkat Banding di mana Terlapor bertugas; atau
    • Ketua Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, atau Ketua Muda Pengawasan dengan tembusan kepada Kepala Badan Pengawasan.
  • Apabila pengaduan dikirimkan melalui pos dalam amplop tertutup, maka harus disebutkan secara jelas bahwa isi amplop tersebut adalah pengaduan dengan menuliskan kata ”PENGADUAN pada Pengadilan” pada bagian kiri atas muka amplop tersebut.

HAK-HAK PELAPOR

  1. Mendapatkan perlindungan kerahasiaan identitasnya;
  2. Mendapatkan kesempatan untuk dapat memberikan keterangan secara bebas tanpa paksaan dari pihak manapun;
  3. Mendapatkan informasi mengenai tahapan laporan pengaduan yang didaftarkannya;
  4. Mendapatkan perlakuan yang sama dan setara dengan Terlapor dalam pemeriksaan.

HAK-HAK TERLAPOR

  1. Membuktikan bahwa ia tidak bersalah dengan mengajukan saksi dan alat bukti lain
  2. Meminta berita acara pemeriksaan (BAP) dirinya.

Berita Terbaru PA Batam

  (ACO) ACCESS CCTV ONLINE PA Batam
No Nomor Perkara Ruang Sidang Agenda
1 12/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) Perkara Mediasi berhasil rencana pencabut
2 11/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) Pembuktian, Panggil Tergugat
3 1946/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG IKRAR TALAK
4 12/Pdt.P/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
5 181/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
6 193/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
7 185/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
8 187/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
9 186/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
10 121/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) Panggil Termohon
11 106/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) Panggil Tergugat
12 50/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) Panggil Tergugat
13 117/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) Panggil Termohon
14 1930/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) Duplik Tertulis
15 1784/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) Panggil Termohon, Bukti Termohon,
16 1722/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) Panggil kembali Pemohon dan Termohon kembali
17 28/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) Pembuktian Lanjutan Penggugat panggil kembali Tergugat
18 64/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) Panggil kembali Tergugat
19 59/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) Pan ggil kembali Tergugat
20 102/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) Panggil Tergugat
21 1795/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) Menghadirkan Anak, Kesimpulan
22 89/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) Panggil Tergugat
23 1864/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) Duplik Tertulis
24 178/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
25 176/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA
26 173/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
27 157/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
28 1689/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG IKRAR TALAK
29 152/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
30 145/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
31 140/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
32 131/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
33 10/Pdt.P/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG PERTAMA
34 1900/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG IKRAR TALAK
35 1835/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG IKRAR TALAK
36 1838/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG IKRAR TALAK
37 1889/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) SIDANG IKRAR TALAK
38 24/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) Menunggu hasil mediasi
39 1666/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) Musyawarah Majelis tambahan
40 1641/Pdt.G/2020/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) Panggil T kembali untuk baca putusan
41 27/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 2 (DUA) Laporan Mediasi
42 51/Pdt.G/2021/PA.Btm RUANG SIDANG 3 (TIGA) SIDANG PERTAMA